Sosialisasi PER-11/PJ/2013 dan Aplikasi e-SPT PPN KPP Pratama Pasuruan

Direktorat Jenderal Pajak senantiasa berusaha menyempurnakan pelayanan terhadap Wajib Pajak dalam rangka mencapai visinya yakni menjadi institusi pemerintah penghimpun pajak negara yang terbaik di wilayah Asia Tenggara. Salah satu bentuk penyempurnaan tersebut adalah dengan dikeluarkannya PER-11/PJ/2013 tentang Perubahan atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-44/PJ/2010 tentang Bentuk, Isi, dan Tata Cara Pengisian serta Penyampaian Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai.

Peraturan tersebut dibuat sejalan dengan road map kebijakan pembenahan sistem administrasi PPN yang rencananya akan menggunakan sistem eTax Invoice di tahun 2014 dan sebagai bentuk sinkronisasi dengan ketentuan dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-24/PJ/2012 tentang Bentuk, Ukuran, Tata Cara Pengisian Keterangan, Prosedur Pemberitahuan dalam rangka Pembuatan, Tata Cara Pembetulan atau Penggantian, dan Tata Cara Pembatalan Faktur Pajak.

Salah satu poin penting dalam PER-11/PJ/2013 adalah setiap Pengusaha Kena Pajak badan wajib menyampaikan SPT Masa PPN 1111 dalam bentuk data elektronik. Bagi KPP Pratama Pasuruan hal ini menjadi tantangan tersendiri karena dari sekitar 1.326 PKP yang terdaftar baru beberapa puluh PKP saja yang telah melaksanakan kewajiban pelaporan PPN dengan menggunakan e-SPT PPN.

Dalam rangka mensosialisasikan peraturan baru itu KPP Pratama Pasuruan selain memasang pengumuman juga membagi selebaran berisi poin-poin penting dari peraturan yang akan diberlakukan secara efektif mulai masa pajak Juni 2013 tersebut melalui petugas Tempat Pelayanan Terpadu kepada Wajib Pajak.

Puncak dari pengenalan peraturan tersebut adalah dilakukannya sosialisasi aplikasi e-SPT PPN versi 1.4 kepada para Pengusaha Kena Pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Pasuruan. Kegiatan ini diadakan di aula KPP Pratama Pasuruan di bawah koordinasi Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV, Dwi Tjahjono Putranto yang dibantu koordinator lapangan Ilma Asrilianto, Account Representative dari Seksi Pengawasan dan Konsultasi III, serta Prayitno, Account Representative dari Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV, dengan dukungan penuh dari Kepala KPP Pratama Pasuruan, Juntoro.

sosialisasi e-SPT PPN KPP Pratama Pasuruan (Foto: Ilma Asrilianto)

sosialisasi e-SPT PPN KPP Pratama Pasuruan (Foto: Ilma Asrilianto)

Acara yang mengundang 1.275 Wajib Pajak tersebut digelar secara maraton dari tanggal 10 Juni sampai 20 Juni 2013 dengan jadwal dua sesi setiap hari. Sosialiasi e-SPT ini dilakukan dengan metode praktik, Wajib Pajak langsung menginstall serta menggunakan e-SPT PPN versi 1.4 dipandu seorang tutor yang dibantu empat orang pendamping dalam setiap sesi.

Dengan diadakannya sosialisasi tersebut diharapkan semua Wajib Pajak khususnya Pengusaha Kena Pajak yang berbentuk badan bisa mengenal aplikasi e-SPT PPN dan melaksanakan kewajiban pelaporan SPT Masa PPN dengan menggunakan data elektronik seperti yang disyaratkan dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-11/PJ/2013.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Kegiatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s