Pemerintah Janji Investor Urus Keringanan Pajak Cuma 15 Hari

Jakarta – Kepada investor, pemerintah berjanji pengajuan permohonan fasilitas perpajakan berupa keringanan pajak (tax allowence) akan didapat dalam waktu 15 hari.

Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Astera Primanto Bakti menyatakan mekanisme pengajuan penerimaan keringanan pajak sangat mudah. Investor hanya membawa Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan surat tebusan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Sangat simpel, tidak ribet, rekomendasi dari BKPM, NPWP. Ditjen Pajak hanya cek apakah benar ada di lampiran I dan II,” ujarnya dalam jumpa pers di kantor Kemenkeu, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Kamis (26/1/2012).

Prima menyatakan untuk mengurusi semua itu hanya dibutuhkan waktu 10 hari. Pasalnya, pihak Ditjen Pajak hanya memeriksa data wajib pajak yang sudah masuk di direktoratnya. Jika tidak ada jawaban selama 10 hari, maka dianggap diterima.

“Waktunya hanya 10 hari kerja dan pengerjaannya biasanya kurang dari 10 hari kerja. Dari pajak setelah dapat rekomendasi BKPM sudah dapat mengajukan ke Ditjen pajak. Dan dari Ditjen Pajak akan dicek apa ada dalam daftar yang di lampiran satu dan dua. Apabila cocok, diproses 10 hari kerja, kalau lewat dianggap diterima,” ujarnya.

Sementara, Deputi Bidang Perencanaan Investastasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Tamba Hutapea menyatakan di lembaganya, pengurusan tax allowence ini hanya membutuhkan waktu 5 hari.

“Hanya 5 hari kerja untuk disampaikan ke Kementerian Keuangan. Kita bisa mempercepat lebih dari 5 hari kalau persyaratan-persyaratan dan dokumen-dokumen lengkap,” pungkasnya.

Sedangkan untuk pengajuan tax holiday, lanjut Tamba, dibutuhkan waktu sekitar 30 hari.

“Untuk tax holiday karena tergantung pada komite verifikasi dalam memutuskan diberikan waktu 30 hari kerja. Jadi 30 hari kerja ini tidak panjang untuk berikan fasilitas ini,” tandasnya.

(nia/dnl)

Sumber : Detik

Pos ini dipublikasikan di Belajar Pajak dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s