Dampak Puting Beliung: 14 Tewas, 60 Luka, Ribuan Rumah Rusak

JAKARTA–MICOM: Dampak puting beliung yang terjadi selama empat hari terakhir, yaitu dari Rabu (25/1) hingga hari ini Minggu (29/1), cukup besar. Posko BNPB mencatat 35 kabupaten/kota di Jawa dan Bali diterjang puting beliung.

Akibatnya, secara keseluruhan sebanyak 14 orang meninggal dunia, 60 orang luka-luka, dan 2.364 rumah rusak. Kerusakan rumah bervariasi, dari roboh hingga rusak ringan. Umumnya, kerusakan diakibatkan pohon roboh dan atap rumah yang terangkat oleh angin.

Ke-35 kabupaten/kota tersebut adalah Lebak, Tangerang, Pandeglang, Sukabumi, Bekasi, Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan, Majalengka, Garut, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Bandung, Cianjur, Situbondo, Kediri, Blitar, Malang, Indramayu, Magelang, Boyolali, Semarang, Banyumas, Sleman, Jember, Wonosobo, Purbalingga, Banjarnegara, Ponorogo, Ngawi, Pasuruan, Magetan, Bangkalan, Sumenep, Tabanan, dan Denpasar.

Sedikitnya, 14 korban meninggal akibat kejatuhan pohon tumbang, yaitu tiga orang di Tabanan, tiga orang di Purbalingga, dua orang di Kediri, dua orang di Banyumas. Sedangkan, di Jakarta Selatan, Wonosobo, Ciamis, dan Pasuruan masing-masing seorang. Berdasarkan jumlah kerusakan rumah, wilayah yang terparah terjadi di Kepulauan Seribu, Banyumas, Banjarnegara, dan Situbondo.

“Kejadian puting beliung yang masif tersebut sangat dipengaruhi adanya siklon tropis IGGY di selatan Nusa Tenggara dan Bali. Saat ini siklon tropis IGGY sudah makin melemah dan menjauhi wilayah Indonesia,” papar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Minggu (29/1).

BPBD dan pemerintah daerah bersama aparat TNI/Polri, dinas terkait, dan masyarakat telah memberikan bantuan penangangan bencana. Logistik dan peralatan bantuan BNPB yang diberikan kepada BPBD provinsi sebagian telah didistribusikan kepada korban. Beberapa pemda telah memberikan santunan kepada keluarga korban dan bantuan perbaikan rumah. (*/OL-10)

Sumber : Media Indonesia

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s