Rapat Koordinasi Penerimaan SPT Pensiunan

perwakilan PT Taspen

Pada tanggal 23 Februari 2012 diadakan rapat koordinasi pelayanan penerimaan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi pensiunan bertempat di aula Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan. Dalam acara ini hadir perwakilan Kantor Pelayanan Pajak se-Malang Raya, ditambah perwakilan dari KPP Pratama Pasuruan, KPP Pratama Probolinggo, dan perwakilan dari Kantor Wilayah Jawa Timur III. Selain dari pihak DJP, rapat ini juga dihadiri perwakilan PT Taspen dan mitra bayarnya, diantaranya PT Pos Indonesia, BRI, Bank BTPN, dan Bank Jatim.

perwakilan BRI

perwakilan BRI (foto oleh Aris Wahyudi)

Membuka rapat koordinasi tersebut, Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jatim III, Merry Natalina, mengatakan bahwa rapat yang digelar merupakan tindak lanjut dari rapat sebelumnya yang diadakan di PT Taspen Malang dengan tujuan meningkatkan pelayanan KPP dalam penerimaan SPT Tahunan, khususnya untuk Wajib Pajak Orang Pribadi pensiunan.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Merry Natalina diantaranya :

  1. Aplikasi pencetakan formulir 1721-A2 untuk pensiunan telah disediakan di web PT Taspen
  2. Kantor Pelayanan Pajak akan mengadakan jemput bola untuk SPT pensiunan ke mitra bayar PT Taspen
  3. SPT PPh Orang Pribadi pensiunan bisa diterima walaupun tidak dilengkapi formulir 1721-A2, asalkan ada nomor pensiun dan NPWP yang diperlukan dalam pencetakan formulir 1721-A2.
  4. Kantor Pelayanan Pajak dapat melayani pencetakan formulir 1721-A2 bagi pensiunan yang dikelola oleh PT Taspen Malang.

Dalam rapat tersebut diungkapkan bahwa PT Taspen Malang mengadministrasikan sebanyak 71.532 pensiunan, jumlah yang cukup signifikan untuk penggalian potensi kepatuhan Wajib Pajak di lingkungan Kantor Wilayah DJP Jawa Timur III.

Setelah penyampaian pengalaman masing-masing Kantor Pelayanan Pajak dalam mengelola SPT Tahunan PPh OP Pensiunan, diadakan diskusi yang dipandu Kepala KPP Pratama Malang Utara, Ashari. Dalam diskusi tersebut diungkap kiat-kiat dan kendala yang dihadapi baik oleh pihak KPP maupun mitra bayar PT Taspen dalam rangka mengoptimalkan kepatuhan WP Orang Pribadi pensiunan.

Dengan adanya koordinasi yang terjalin antara aparat pajak, PT Taspen, dan mitra bayarnya diharapkan para Wajib Pajak pensiunan yang termasuk warga negara senior bisa lebih mudah dalam melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi.

Pos ini dipublikasikan di Kegiatan dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Rapat Koordinasi Penerimaan SPT Pensiunan

  1. herry berkata:

    yang perwakilan dari pajak, kok ngga seger yah, kek kurang gizi gitu

  2. Semoga membantu temen2 petugas peneliti ya…. πŸ™‚

  3. captivity of negativity berkata:

    entuk ae fotone sam Aries hahahahaha…

  4. aris berkata:

    Ahahahaha….. spesial rekues dari Pak Mastein. Mbak-mbak BRI….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s