Karna Tinanding

Karna Tinanding adalah duel dua senopati pilih tanding di dalam kurusetra yakni Arjuna dan Karna. Mengapa dinamakan Karna Tinanding? karena kedua ksatria ini memiliki paras yang hampir sama apalagi setelah Arjuna di dandani memakai irah-irahan seperti milik Karna. Jadi seakan-akan ada dua Karna yang sedang duel.

Karna Tinanding adalah puncak pengabdian Karna sebagai ksatria.

Ia rela mengorbankan nyawa, demi sirnanya angkara murka.

Siapakah Karna? Karna adalah putra pertama dari Kunti, kakak tertua dari para Pandawa. Kehidupannya sangat tragis, menyedihkan, namun itu yang membentuknya menjadi seorang ksatria yang luar biasa. Ia lahir akibat Kunti “coba-coba” mantera yang diberikan seorang Resi, memanggil Batara Surya…

Karena malu, Kunti melarung anaknya itu di sungai, sampai putranya ditemukan oleh seorang kusir yang kemudian membesarkannya.

Walaupun ia anak seorang Dewa, tapi karena ia dibesarkan oleh kusir, ia mengalami diskriminasi dalam pendidikan yang diperoleh. Ia ditolak untuk menjadi murid Durna hanya karena ia dianggap anak kusir.

Saat sayembara memperebutkan Drupadi pun ia mengalami diskriminasi. Walaupun ia memenangkan sayembara, ia ditolak mentah-mentah hanya karena ia anak seorang kusir.

Pada saat itulah muncul Duryudana yang mengangkatnya menjadi Raja di salah satu wilayah bawahannya. Hal ini yang membuat Karna merasa sangat berhutang budi kepada Duryudana. Ia merasa dibela, derajatnya di angkat oleh Duryudana.

Karna adalah pria yang sombong, bicaranya tinggi, namun cerdas, sakti, setia dan dermawan. Banyak yang menganggapnya tokoh antagonis, namun pendapat saya lain. Karna adalah pria baik hati, ahli strategi, sakti mandraguna, diplomatis, penuh cinta kasih, setia, tahu balas budi, dan setia pada dharmanya sebagai ksatria.

Saya menganggap Karna mengalah kepada Arjuna dalam perang Baratayudha. Ia mengorbankan nyawanya dalam perang itu demi musnahnya angkara murka. Berikut beberapa alasan saya:

  1. Sebelum perang, saat Batara Indra (Ayah Arjuna) datang menyamar sebagai brahmana meminta pakaian perang dan anting Karna yang dipakai Karna sejak lahir, Karna langsung memberikannya kepada batara Indra padahal Karna sudah tahu bahwa itu adalah Indra yang menyamar. Menurut Karna, ia tidak bisa menolak permintaan seorang brahmana.
  2. Karna membakar semangat para Kurawa agar perang baratayudha bisa terjadi. Para kurawa menjadi sangat percaya diri karena Karna ada di pihak mereka. Karna tahu, bahwa hanya dengan Baratayudha, angkara murka (para Kurawa) bisa sirna.
  3. Karna sengaja memilih Salya sebagai kusirnya, yang kelak menyebabkan bidikan Karna meleset ke kepala Arjuna. Karna tahu bahwa jauh di lubuk hati Salya berpihak pada Pandawa, dan Salya benci kepada Karna menantunya yang sombong itu. Oleh sebab itu Karna yakin bahwa Salya akan melakukan “sabotase” agar kurawa bisa kalah.

Hehehe.. ini hanya hasil gutak gatik gatuk saya karena saya kagum sama KARNA.

Ada banyak hal positif yang bisa ditiru dari seorang Karna. Salah satunya adalah kesetiaan pada tugasnya sebagai seorang ksatria. Ia tidak mundur sedikitpun walaupun harus mengorbankan dirinya demi musnahnya angkara murka.

Penulis: Robertho Simson, pegawai KPP Pratama Pasuruan

Pos ini dipublikasikan di Pojok Rehat dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Karna Tinanding

  1. protax berkata:

    Karna = Karno = Soekarno
    wkwkwkwk….
    nek ga persis blas dg cerita di atas tp u pengetahuan sbb :

    Soekarno vs Soeharto = Soeharto
    Soeharto vs Rakyat = Habibie
    Habibie vs Gus Dus = Gus Gur
    Gus Gur vs Megawati = Megawati
    Megawati vs Soesilo = Soesilo
    Soesilo vc Soe???? = Soe??????

  2. Robertho Simson berkata:

    Makasih mas sudah dimuat di sini tulisan saya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s