Kyai Slamet

Satu (1) Suro adalah hari pertama dalam kalender Jawa di bulan Suro yang bertepatan dengan 1 Muharram dalam kalender Hijriyah, karena kalender Jawa yang diterbitkan Sultan Agung mengacu pada penanggalan Hijriyah (Islam). Satu (1) Suro diperingati pada malam hari setelah Maghrib pada hari sebelum tanggal satu Suro. Hal tersebut karena pergantian hari Jawa dimulai pada saat matahari terbenam dari hari sebelumnya, bukan pada tengah malam (Wikipedia).

Dahulu kala, waktu jaman masih kecil (sampe sekarang masih kecil juga seehh ) seneng aja liat keramean malem satu suro. Liat orang-orang dari arah pedusunan pada berbondong-bondong menuju Kraton Kasunanan.

Oh iya, di Surakarta (Solo) tuh ada dua kraton, yaitu Mangkunegaran dan Kasunanan. Kalo malem satu suro biasanya duo kraton tersebut bikin acara kirab. Kalo Mangkunegaran kirab pusaka, lha kalo Kasunanan kirab Kyai Slamet. Yang rame tuh di Kasunanan, pada “ngalap berkah” Kyai Slamet.

Nah sekarang yang jadi pertanyaan adalah “Who is Kyai Slamet…?” Kyai kok dikirab…

Kyai Slamet adalah nama seekor kebo bule yang jadi “klangenan” Paku Buwono penguasa Kasunanan. Saya juga bingung, kenapa seekor kebo bule bisa dipanggil “Kyai”.

Di Jawa Tengah dan Jogjakarta banyak sekali sebutan “Kyai” untuk benda-benda yang dikeramatkan. Contohnya ya Kyai Slamet tadi, trus ada Kyai Jetayu, Kyai Garudayaksa, dua nama tersebut merupakan nama kereta kencana.Kalo di Jawa Timur, panggilan Kyai hanya ditujukan kepada para ahli agama Islam. Mereka sangat dihormati karena ilmunya yang tinggi. Misalnya Kyai Khos Langitan, Kyai Imam Zarkasyi Ponorogo, dan laen-laen…

Kalo orang-orang abangan, seperti saya, ketemu mereka pasti akan cium tangan.

Lha sekarang bayangkan, ada orang Jawa Timur-an datang ke tlatah Surakarta. Kemudian disitu ada tempat bertuliskan “nDALEM KYAI SLAMET”. Wuih..dipikirnya kan rumahnya seoaang Kyai . Trus pas ketemu dengan Kyai Slamet si orang Jawa Timur tadi cium kaki Kyai Slamet gak ya?…

Saya Arif Wibowo, selamat siang!!!!

keterangan:

Ngalap berkah : minta barokah

Klangenan : hewan kesukaan

Pos ini dipublikasikan di Pojok Rehat dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s