Jemput Bola ala KPP Pratama Batu, Drop Box SPT Masa

Empati, tanggap, dan proaktif, mungkin tiga kata tersebut bisa menggambarkan salah satu bentuk pelayanan dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu yang tidak ada di tempat lain. Layanan tersebut adalah penerimaan SPT melalui Drop Box.

Pernyataan di atas bisa jadi menimbulkan pertanyaan, bukankah drop box merupakan layanan standard yang ada pada setiap KPP di seluruh Indonesia?

Sejak Tahun 2009 Direktorat Jenderal Pajak memang telah menggunakan fasilitas drop box untuk mempermudah Wajib Pajak dalam melakukan pelaporan SPT Tahunan, tetapi fasilitas drop box di KPP Pratama Batu tidak hanya ada pada saat penerimaan SPT Tahunan PPh yang biasanya berakhir pada bulan April setiap tahunnya.

Demi meningkatkan pelayanan terhadap Wajib Pajak, KPP Pratama Batu juga membuka layanan drop box untuk menerima Surat Pemberitahuan Masa yang dibuka tanggal 18-20 setiap bulan, pada saat antrian Wajib Pajak dalam melaporkan SPT Masa mencapai puncaknya.

KPP Pratama Batu adalah salah satu KPP yang memiliki kantor pelayanan terpisah dari wilayah pengawasannya. KPP ini membawahi wilayah Kota Batu tetapi kantor pelayanannya masih menjadi satu dengan Kantor Wilayah DJP Jawa Timur III di Jalan Letjen S. Parman No. 100 Malang.

Hal ini menjadi kegelisahan tersendiri bagi Lidia Kuntjahjaningtjas, Kepala KPP Pratama Batu. Dalam pikiran perempuan dengan pendidikan terakhir Magister Ekonomi Pembangunan yang pernah menjabat Kepala Bidang P2Humas di Kanwil DJP Jawa Timur III itu, jarak tempuh yang cukup jauh dari Kota Batu ke Malang sedikit banyak akan menjadi beban bagi Wajib Pajak.

Atas dasar pemikiran tersebut Lidia Kuntjahjaningtjas menggagas ide melakukan jemput bola dengan cara membuka layanan drop box untuk mempermudah Wajib Pajak melaporkan SPT Masa.

Drop box penerimaan SPT Masa pada KPP Pratama Batu dibuka di dua tempat, yaitu:

  1. Depan Masjid Agung Batu, Jalan Gajah Mada, Batu

    Drop box di tempat ini dibuka dengan mendirikan tenda atau dengan mobil pajak keliling di halaman parkir Masjid Agung Batu.

    Tenda Drop Box KPP Pratama Batu

    Tenda Drop Box KPP Pratama Batu

  2. Kantor Pos Batu, Jalan Panglima Sudirman, Batu

    Di tempat ini kantor pos membantu dengan menyediakan counter di dalam gedung secara cuma-cuma bagi KPP Pratama Batu untuk layanan drop box.

    Drop Box di Kantor Pos Batu

    Drop Box di Kantor Pos Batu

Setiap drop box dijaga oleh tiga petugas yang jadwalnya bergiliran dari seluruh seksi termasuk pejabat fungsional di bawah koordinasi Kepala Seksi Pelayanan. Selain melayani penerimaan SPT Masa, Wajib Pajak juga dapat melakukan konsultasi yang terkait dengan masalah perpajakan.

 Sistem penerimaan yang dipakai pada drop box SPT Masa ini mirip dengan drop box SPT Tahunan. Pada saat melaporkan SPT Masa melalui drop box Wajib Pajak akan memperoleh tanda terima sementara. Bukti penerimaan surat yang resmi bisa diambil bulan berikutnya di counter drop box, atau apabila diperlukan bisa diambil langsung di KPP Pratama Batu.

Tanda Terima Drop Box SPT Masa

Tanda Terima Drop Box SPT Masa

Dengan adanya fasilitas drop box SPT Masa tersebut Lidia Kuntjahjaningtjas berharap KPP Pratama Batu menjadi semakin dekat dengan masyarakat, dan dengan masyarakat yang semakin akrab dengan pajak pada gilirannya diharapkan kepatuhan Wajib Pajak juga akan meningkat.

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s