Pengalihan PBB Kabupaten dan Kota Pasuruan

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pada tanggal 3 Januari 2012 bertempat di aula KPP Pratama Pasuruan dilakukan serah terima basis data dan objek Pajak Bumi dan Bangunan untuk sektor Pedesaan dan Perkotaan. Acara ini merupakan puncak dari serangkaian proses peralihan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) yang selama ini dikelola oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pasuruan dan diserahkan pengelolaannya kepada Kotamadya Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan.

Penyerahan pengelolaan tersebut diserahkan langsung oleh Kantor Wilayah DJP Jawa Timur III melalui Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pasuruan yaitu bapak Juntoro kepada Bupati Pasuruan yang diwakili oleh bapak Wakil Bupati Pasuruan dan Walikota Pasuruan yang diwakili oleh bapak Setyono selaku Wakil Walikota Pasuruan. Turut hadir dalam acara tersebut para pejabat eselon IV KPP Pratama Pasuruan yaitu Kepala Seksi PDI ibu Julidwiasih Soenarjo, Kepala Seksi Pelayanan bapak Sugiono, Kepala Seksi Waskon 1 bapak Yoga Eka, Kepala Seksi Waskon 2 bapak Krisno Endarto, Kepala Seksi Waskon III bapak Subagyo, Kepala Seksi Waskon IV bapak Dwi Tjahjono Putranto serta tak ketinggalan pejabat Fungsional Pemeriksa Pajak yang diwakili oleh ibu Alifiah Setyaningrum beserta staf.

Penyerahan pengelolaan tersebut ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima / Pengalihan Sistem Aplikasi ,Basis Data PBB-P2 dan softcopy peta PBB dalam rangka pengalihan PBB-P2 sebagai pajak daerah termasuk dua keping cakram digital yang berisi sistim aplikasi,basis data PBB-P2 dan soft copy Peta PBB. Penyerahan tersebut didasarkan ketentuan dalam peraturan bersama Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri nomor : 213/PMK.07/2010 dan nomor 58 tahun 2010 tentang tahap persiapan pengalihan pajak Bumi dan bangunan Perdesaan dan perkotaan sebagai pajak daerah.

Dalam sambutannya, Kepala KPP Pratama Pasuruan mengharapkan bahwa dengan diserahkannya pengelolaan PBB Pedesaan dan Perkotaan, maka bukan berarti pintu kerjasama yang selama ini terjalin akan tertutup. Kerjasama dalam tingkat yang lebih tinggi diharapkan dapat tetap terjalin dalam berbagai macam bentuk misalnya pertukaran data, Ekstensifikasi Intensifikasi, transfer ilmu serta kerjasama dibidang Sumber Daya Manusia namun bapak Juntoro juga menegaskan bahwa rahasia jabatan sesuai dengan Undang-undang Ketentuan Umum dan Tatacara Perpajakan tetap harus ditaati.

Dengan dialihkannya kewenangan kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan, menurut Wakil Bupati Pasuruan merupakan suatu tantangan dan sekaligus peluang yang cukup menjanjikan. Karena kebijakan tersebut mendorong Pemkab untuk semakin kreatif menggali seluruh potensi yang dimiliki, baik melalui kegiatan intensifikasi maupun ekstensifikasi.

Wakil Walikota Pasuruan dalam sambutannya berkomitmen dalam pengelolaan PBB-P2 menjadi pajak daerah tidak semata-mata dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas fiskal dan kemandirian keuangan daerah. Tetapi yang lebih utama adalah bagaimana mengupayakan agar pengelolaan PBB-P2 tersebut mampu mendorong masyarakat untuk meningkatkan peran sertanya mensukseskan pembangunan daerah dalam mewujudkan kota Pasuruan yang sejahtera, aman dan berprestasi.

Dengan diserahkannya pengelolaan PBB Pedesaan dan Perkotaan, maka layanan yang dapat diterima di Kota serta Kabupaten Pasuruan akan meliputi :

  1. Permohonan Salinan SPPT
  2. Permohonan Pengurangan PBB
  3. Permohonan Pengembalian Kelebihan PBB
  4. Permohonan Mutasi Subyek / Obyek PBB
  5. Permohonan Keberatan SPPT PBB
  6. Permohonan Pembetulan SPPT PBB
  7. Permohonan Pembatalan SPPT PBB
  8. Penundaan Jatuh Tempo Pembayaran PBB
  9. Pengajuan Pendaftaran
  10. Permohonan Keterangan NJOP PBB
Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s