Membayar Pajak Secara Online

Jaman sekarang ini konon banyak manusia yang hidup di dua alam, alam nyata dan alam ghoib maya. Sebagian waktu mungkin sampeyan habiskan untuk nongkrong di poskamling atau warung Mbok Darmi, tapi sebagian waktu yang lain bisa jadi sampeyan habiskan untuk nggedabrus di dunia antah berantah, entah itu dalam wujud update status facebook, ngoceh di twitter, atau mungkin nggambleh di forum-forum semacam kaskus dan kawan-kawannya.

Salah satu konsekuensinya, setiap organisasi atau entitas yang berorientasi pada pelayanan publik, baik yang mengharap laba maupun nirlaba harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Menyesuaikan diri atau mati. *bahasanya ketinggian, saya tahu*

Salah satu yang bisa sampeyan lihat adalah metode pembayaran. Jaman saya sekolah dulu antrian di loket Koperasi Unit Desa setiap menjelang tanggal 20 adalah pemandangan lumrah.

Ngapain?

Mbayar listrik, atau bahasa kerennya membayar tagihan PLN. Belum ada istilah membayar tagihan PLN pasca bayar karena jaman itu memang belum ada listrik pra bayar.

Memangnya sekarang sudah ndak ada antrian?

Lha mbuh, mungkin masih ada, tapi bagi sebagian orang sudah ada pilihan yang lebih nyaman untuk mbayar listrik, juga untuk mbayar tagihan-tagihan yang lain, dari mulai mbayar PDAM sampai mbayar zakat, semua bisa dilakukan tanpa antri dan ndak perlu pindah-pindah loket. Paling ndak ada tiga pilihan cara, lewat ATM, sms banking dan internet banking.

Di tulisan sebelumnya senior saya Esdoger sudah ngasih tau gimana cara mbayar pajak dengan cara “biasa”, sekarang saya mau ngasih tau gimana mbayar pajak dengan cara yang “luar biasa”.

Konsekuensi logis tho, karena perubahan jaman Direktorat Jenderal Pajak juga harus mampu menyesuaikan diri, diantaranya dengan menyediakan metode pembayaran yang anti ngantri, konon namanya adalah Billing System.

Caranya?

  1. Pendaftaran

    Monggo masuk ke situs http://sse.pajak.go.id, klik daftar baru, kemudian isikan NPWP, alamat email, dan user id yang diinginkan. daftar baru isi data

  2. Aktifkan akun

    Cek email sampeyan, lalu klik link yang ada di situ untuk mengaktifkan akun. aktifkan akun

Setelah akun diaktifkan sampeyan sudah bisa melakukan pembayaran pajak secara online. Untuk membayar pajak inilah yang harus sampeyan lakukan:

  1. Lakukan login di situs http://sse.pajak.go.id
  2. Input pembayaran yang akan dilakukan isi SSP
  3. Terbitkan kode biling terbitkan kode billing
  4. Cetak kode billing cetak kode billing
  5. Lakukan pembayaran cara bayar

    Pembayaran bisa dilakukan di loket Kantor Pos dan Bank Mandiri dengan menyebutkan kode billing, atau bisa juga dilakukan dengan internet banking mandiri dan pembayaran multipayment via ATM Mandiri. Asik tho?

Bayar pajak masih antri? Apa kata dunia?

*)sementara baru bisa dilakukan untuk Pulau Jawa

Pos ini dipublikasikan di Belajar Pajak, Warung Pajak dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s