Launching Pajak Drive Thru KPP Pratama Singosari

Peresmian Layanan Pajak Drive Thru oleh Kakanwil DJP Jatim III

Peresmian Layanan Pajak Drive Thru oleh Kakanwil DJP Jatim III

Seiring bertambahnya jumlah Wajib Pajak terdaftar setiap tahun, maka setiap Kantor Pelayanan di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak dituntut untuk melakukan berbagai inovasi agar kepatuhan penyampaian SPT dari para Wajib Pajak terdaftar juga ikut meningkat.

Pada tahun 2014, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari yang memiliki Wajib Pajak terdaftar sebanyak 76.632 WP (kondisi per tgl. 1 januari 2014) mempunyai target kepatuhan formal Wajib Pajak sebesar 72,5%. Untuk mendukung tercapainya target tersebut, maka KPP Pratama Singosari berupaya untuk membuat beberapa langkah dan inovasi baru. Salah satu inovasi terbaru dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari adalah Layanan Pajak Drive Thru. Inovasi ini melengkapi inovasi-inovasi sebelumnya seperti SMS Center dan konsultasi dan pelayanan jarak jauh (yang ada di Kecamatan Poncokusumo dan Kecamatan Ngantang).

Semangat Inovasi, Semangat KPP Pratama Singosari

Semangat Inovasi, Semangat KPP Pratama Singosari

Pajak Drive Thru memberikan kemudahan kepada wajib pajak yang akan melakukan pelaporan SPT Masa, baik SPT Masa PPh maupun PPN. Seluruh jenis SPT Masa dapat dilaporkan melalui drive thru, baik SPT Masa PPN maupun SPT Masa PPh pasal 21, 22, 23, 24, 25, 26 dan PPh final pasal 4 (2).Melalui drive thru wajib pajak tidak perlu lagi memarkir kendaraan, mengambil nomor panggilan serta menunggu di TPT sehingga akan mempersingkat waktu yang diperlukan wajib pajak untuk lapor.

Bagi KPP Pratama Singosari sendiri diharapkan inovasi tersebut selain memudahkan wajib pajak juga meningkatkan efisiensi dalam pelayanan. Efisiensi tersebut dalam hal mengurangi jumlah antrian di TPT, terutama pada saat hari-hari sibuk, biasanya menjelang batas akhir pelaporan SPT Masa. Selain itu, wajib pajak yang lapor melalui drive thru diharapkan telah mengisi SPT dengan lengkap, benar dan jelas, sehingga penelitian lebih mudah dan sederhana. Dan hal tersebut juga bentuk efisiensi bagi KPP Pratama Singosari.

Kepala KPP Pratama Singosari beserta staf

Kepala KPP Pratama Singosari beserta staf

Semangat inovasi merupakan buah dari internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas, Profesionalisme, Pelayanan, Inovasi dan Kesempurnaan. KPP Pratama Singosari secara simultan berusaha menginternalisasi nilai-nilai tersebut kepada seluruh pegawainya sehingga dapat mendorong kinerja organisasi secara keseluruhan dan khususnya dalam melayani wajib pajak. Motto pelayanan KPP Singosari juga mencerminkan semangat inovasi tersebut, yaitu CERIA – Cepat, Efisien, Ramah, Inovatif dan adil. Ke depan, KPP Pratama Singosari berkomitmen untuk terus memelihara semangat inovasi sehingga dapat melahirkan inovasi-inovasi berikutnya demi Direktorat Jenderal Pajak yang lebih maju dan berwibawa.

Kakanwil DJP Jawa Timur III dan jajaran eselon III

Kakanwil DJP Jawa Timur III dan jajaran eselon III

 

*) penulis: Novrisyar, Kepala KPP Pratama Singosari

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s